Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti WORK

Bagaimana cara mengatasi android lemot yang terbukti ? Kamu bingung mengapa android kamu lambat ? Ingin tahu penyebab android lambat ? dan ingin agar android tidak lemot ? Kita punya beberapa cara dan aplikasi agar android tidak lemot, tapi sebelumnya simak dulu penjelasannya. Android merupakan salah satu sistem operasi terbuka yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak fitur dalam waktu yang bersamaan. Pada dasarnya, sistem operasi ponsel android terbaru ini menggunakan RAM ( Random Access Memory ) dan ROM ( Read Only Memory ) untuk bisa bekerja. Dengan memanfaatkan memory tersebut smartphone android terbaru dapat melakukan kegiatan multitasking atau melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan.

Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti

Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan tersebut akan semakin memperbanyak memori yang digunakan. Akibatnya proses data lebih lama sehingga terjadilah apa yang kita sebut lemot. Mengatasi android lemot ada berbagai macam cara yang bisa di gunakan. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Reboot ulang Smartphone

Cara ini sering disebut Restart atau mulai ulang. Jangan meremehkan cara ini, walaupun tanpa instal aplikasi mempercepat android ataupun custom rom, cara ini cukup terbukti dalam mengatasi androd lemot. Karema pada dasarnya saat kita merestart Android, maka segala aplikasi yang berjalan akan di tutup. Jadi cara ini cukup dapat membersihkan aplikasi tidak perlu di latar belakang.

  1. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi sering menjadi penyebab utama dalam lemotnya android. Beberapa aplikasi memang memerlukan ruang memory yang cukup besar, sehingga bisa memper penuh isi memory. C ara mengatasi android lemot ini salah satunya di uninstall aplikasi. Semakin sedikit aplikasi yang berjalan di latar belakang , sehingga lambat nya android pun bisa berkurang. Selain itu untuk menghemat RAM, close aplikasi yang tidak diperlukan. Aplikasi yang berjalan di latar belakang selain menghabiskan RAM juga membuat baterai boros. Untuk itu, gunakanlah android seperlunya, kecuali RAM kamu lebih dari 2GB

  1. Optimalisasi Micro SD atau Memory External

Micro SD atau penyimpanan ekternal sering dipakai hanya untuk menyimpan lagu dan foto. Sebenarnya di android kita bisa install aplikasi di Micro SD, jadi beban memory internal akan berkurang. Pada pengaturan penyimpanan, ubah penyimpanan default menjadi kartu SD atau memory eksternal. Ini sekaligus bisa menjadi cara mengatasi android lemot. Selain itu, pilih Micro SD dengan kecepatan read/write data yang tinggi. Sebagai referensi pilih minimal class 6, atau yang bagus class 10. Lebih baik lagi jika support UHS (Ultra High Speed) sehingga read write akan meningkat.

  1. Kurangi penggunaan efek animasi atau wallpaper animasi

Wallpaper atau efek animasi memang akan mempercantik tampilan android dual sim. Tapi penggunaan animasi secara berlebihan tentu akan menguras memory. Ditambah lagi CPU grafis akan bekerja lebih karena memutar animasi itu. Jika Spesifikasi android dual sim kita pas-pasan tentu saja akan membuat android menjadi android lemot. Selain itu baterai kita akan berkurang lebih cepat. Cara mengatasi android lemot ini yaitu dengan mematikan beberapa animasi yang kurang penting. Dengan begitu pekerjaan CPU grafis akan lebih ringan sehingga android bisa lebih optimal.

  1. Root Android

Jika cara diatas tidak berhasil juga, mungkin cara mengatasi android lemot yang terakhir ini perlu dipertimbangkan. Root android kita tempatkan yang terakhir karena cara ini sedikit beresiko, salah satunya menghilangkan garansi pabrikan. Namun dengan Root Android kita bisa optimalisasi sistem sesuai yang kita inginkan. Cara root Android berbeda pada tiap pabrikan, kita bisa mencari referensi di situs pencarian. Setelah berhasil Root, pasang aplikasi mempercepat android untuk optimalisasi RAM. Salahsatunya adalah dengan ZRAM Setting, dimana kita bisa mengoptimalisasi RAM dan membuat virtual memory. Jadi seolah – olah android kita mempunyai memory RAM yang lebih banyak. Download ZRAM disini

Sponsored Links

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *