Langkah langkah mengatasi system UI telah berhenti NEW

hapetekno.com – System UI adalah service bawaan dari operating system android. Jika System UI crash / berhenti bekerja, hampir bisa dipastikan ada masalah dengan firmware smartphone anda. Walaupun, kadang kala ada juga aplikasi third party yang menyebabkan system ui berhenti bekerja. Contoh yang sering menyebabkan system ui crash adalah setelah kita menginstal aplikasi launcher.

Dari artikel kami sebelumnya ( Cara mengatasi sayangnya system UI telah berhenti WORK ) , kami menyarankan untuk melakukan factory reset. Tapi efek dari factory reset adalah sangat merugikan. Mengapa merugikan, karena anda akan kehilangan semua data pada perangkat smartphone anda. Duh,, lalu bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika tidak ingin data data penting di handphone hilang?

Tenang, beberapa saran berikut ini mungkin dapat membantu anda dari masalah “unfortunately system ui has stopped”, yuk lanjut.

Terlebih dahulu, pastikan penyebab mengapa system ui berhenti. Coba Perhatikan daftar kemungkinan penyebab error unfortunately system ui has stopped berikut ini:

1. Anda baru saja menginstal aplikasi launcher yang mengintercept/menggantikan service bawaan dari smartphone.
2. Anda baru saja melakukan update firmware yang tanpa disadari menyebabkan corrupt pada caches dan data android.
3. Service penting dari smartphone anda terkena efek dari masalah performance smartphone yang menurun.

Langkah mengatasi pesan error sayangnya system UI telah berhenti

Perhatian: Saran pada artikel ini digunakan jika pop up system ui telah berhenti dapat di tutup dan anda bisa mengakses menu lain pada smartphone anda.
Bila pop up tidak bisa ditutup dan anda seperti tidak bisa melakukan apapun pada smartphone anda, gunakan cara berikut : (work in progress-kembali lagi besok ya, bookmark dulu page ini).

Langkah pertama: Jika anda baru saja menginstal suatu aplikasi, lalu dalam jangka waktu yang tidak lama muncul pop up Proses com.android.systemui terhenti , Segera uninstal aplikasi tersebut. Pantau terus, apakah pop up kembali muncul atau tidak.

Langkah kedua: Jika pop up sayangnya sistem ui telah berhenti tetap muncul, lakukan booting ulang pada smartphone anda dalam keadaan safe mode. Ini untuk mengisolasi kemungkinan bahwa memang aplikasi lah yang menyebabkan error systemui terhenti tersebut. Berikut contoh booting safe mode untuk Galaxy S6 (cara ini mungkin berbeda pada smartphone anda)
1. Matikan Galaxy S6 anda
2. Tekan dan tahan tombol power
3. Ketika logo ‘Samsung Galaxy S6 Edge’ terlihat, segera lepas tombol power tadi dan segera tekan dan tahan tombol volume down (tombol untuk mengecilkan volume)
4. Tetap tekan tombol tersebut hingga proses restart selesai
5. Tepat ketika anda melihat tulisan Safe Mode di pojok kiri bawah, lepaslah tombol tersebut

Langkah ketiga: Pantau apakah pesan error masih muncul? Jika tidak ada, selamat, berarti hanya aplikasi anda yang menyebabkan system ui berhenti. Uninstal aplikasi aplikasi yang mungkin menyebabkan itu terjadi. Namun, jika masih ada pop up error berarti ada masalah di firmware smartphone. Berikutnya kita lanjutkan untuk mengisolasi kemungkinan masalah berikutnya. Lakukan penghapusan pada system cache. File ini sangat mudah corrupted karena firmware update.
Ikuti langkah berikut:
contoh kali ini menggunakan smartphone galaxy note 5
1. Matikan smartphone anda
2. Tekan dan tahan 3 tombol berikut: volume up, power dan home
3. Lepas tombol power ketika handphone anda bergetar
4. Lepas lagi volume up dan home ketika tampil layar Android System Recovery
5. Sorot ‘wipe cache partition’ dengan menekan tombol volume down dan power untuk memilihnya
6. Tunggu hingga selesai, lalu
7. Restart smartphone anda (tekan tombol power)

wipe cache partition hapetekno.com

gambar wipe cache partition

Dari sumber kami, menghapus cache system file aman untuk dilakukan. Karena, system akan kembali membuat cache yang benar setelah handphone anda reboot. Jadi tak perlu khawatir.

Langkah keempat: Bagaimana, apakah error masih muncul? jika tidak, selamat masalah anda telah teratasi. Namun jika masih muncul, kemungkinan sumber masalah adalah fimware atau ada data yang corrupt. Untuk mengatasi data corrupt, lakukan super factory reset. Mengapa kami menyebutnya super? karena langkah ini lebih efektif dari pada factory reset biasa.
Begini langkahnya:
1. Lepas akun google anda dan hilangkan screen lock handphone anda.
2. Matikan handphone Samsung Galaxy Note 5
3. Tekan dan tahan 3 tombol berikut: volume up, power dan home
4. Ketika tampil logo, lepas 3 tombol tadi.
5. Tunggu layar Android Recovery tampil
6. Pilih ‘wipe data/factory reset’
7. Pilih ‘Yes — delete all user data’
8. Setelah selesai, pilih ‘Reboot system now’ untuk merestart handphone anda.

Langkah kelima: Jika ternyata masih ada pesan error sayangnya sistem ui telah berhenti, dapat dipastikan, firmware yang anda gunakan adalah sumber masalah. Segera bawa smartphone ke service center terdekat. Ini adalah pilihan terbaik dari pada anda melakukan perbaikan sendiri. Bisa memang, memakai software seperti odin. Tapi akan lebih beresiko. Siapa yang mau menanggung resikonya??

Hope, langkah langkah mengatasi system UI telah berhenti ini membantu anda mengembalikan smartphone kembali beroperasi dengan benar. Salam hapetekno.com

Sponsored Links

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *